Tips Keamanan Perbankan Bagi Nasabah e-Banking BPR KS

Tanggal : 20 - 06 - 2015

Seiring dengan perkembangan e-Banking BPR KS, BPR KS akan selalu menjaga kerahasiaan transaksi perbankan nasabahnya.
Berikut tips keamanan perbankan:

  1. Mobile Banking BPR KS
    • Jangan memberitahukan mobile user ID dan TIN transaksi aplikasi mobile banking BPR KS anda kepada siapapun termasuk pegawai bank
    • Tidak disarankan menggunakan akses Wi-Fi Publik untuk melakukan transaksi melalui Mobile Banking anda, karena kepastian keamanan akses Wi Fi pulik / jaringan publik yang tidak terjamin.
    • Hapus secara berkala Inbox SMS yang anda terima dari BPR KS
    • Double check data yang diinput atau dipilih saat transaksi di mobile banking, pastikan kebenarannya.
    • Apabila HP Anda hilang, segera laporkan ke Cabang BPR KS terdekat atau call center BPR KS pada nomor 022-4556677 untuk melakukan pemblokiran layanan Mobile Banking BPR KS anda.
    • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas BPR KS melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk, PIN Mobile Banking, PIN dan TIN mobile banking. Karena petugas BPR KS tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
    • Pastikan ketika mengisi user mobile banking anda tidak dilihat oleh orang lain.
  2. Internet Banking BPR KS
    • Gunakan selalu alamat website resmi kami di https://ib.bprks.co.id
    • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan nama, nomor rekening tujuan penerima transfer dan jumlahnya adalah benar.
    • Tidak disarankan menggunakan akses Wi-Fi Publik dan atau warnet untuk melakukan transaksi melalui Internet Banking anda, karena kepastian keamanan akses Wi Fi pulik / jaringan publik yang tidak terjamin.
    • Gunakan selalu antivirus dan firewall yang up to date agar keamanan komputer anda terjamin.
    • Selalu biasakan untuk logout bila transaksi anda sudah selesai.
  3. Tip-tips keamanan lainnya
    • Phishing

      Phishing adalah tindakan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi seperti User ID, PIN, nomor kartu, nomor rekening dll secara tidak benar, data ini dipergunakan untuk melakukan aksi penipuan
      Phishing dilakukan kapan saja dan tidak terbatas dengan waktu sedangkan tempatnya bisa dimana saja baik di Indonesia maupun di luar negeri. Biasanya phishing dengan menggunakan web site palsu yang mirip dengan web site resmi/ asli dan ditambahkan logo-logo tertentu yang dapat menyakinkan nasabah. Mengirim email yang isinya meminta nomor kartu dan PIN dengan iming-iming hadiah atau memenangkan undian agar nasabah terjebak dan juga meminta data-data pribadi nasabah. Bagaimana mencegah phishing ?
      Pastikan ketik URL lengkap untuk alamat web resmi bank yaitu : http://www.bprks.co.id
      Jangan pernah memberikan user ID dan PIN kepada siapapun dan BPR KS tidak pernah meminta PIN dengan alasan apapun!

    • Virus / Worm

      Virus/worm adalah program-program komputer yang dapat menyebarkan dirinya dari satu komputer ke komputer lain tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Virus/worm dapat merusak sistem operasi, aplikasi dan data di komputer yang terinfeksi. Perbedaan virus dengan worm terdapat di cara penyebarannya. Virus menempati ruangan dalam media penyimpanan (misalnya, melekat pada file atau tersimpan dalam boot sector hard disk) dan umumnya menyebar melalui USB flash disk, lampiran (attachment) email, berkas (file) yang diunduh dari internet, maupun melalui kunjungan ke halaman website yang sengaja dibuat untuk menyebarkan virus. Sedangkan worm menyebar melalui jaringan. Ada juga program gabungan antara virus dan worm, yaitu tersimpan di media penyimpanan namun menyebar melalui jaringan.
      Beberapa contoh dampak dari infeksi virus/worm: Komputer menjadi tidak stabil dan sering 'hang' (macet) Komputer menjadi lambat Data di harddisk dirusak atau dikirim ke pihak lain melalui jaringan Program aplikasi tidak dapat digunakan Password yang diketik di keyboard dapat disadap dan dikirim ke pihak lain untuk tujuan penipuan

    • Trojan

      Trojan adalah sejenis virus yang menyamar sebagai berkas lain yang aman, misalnya dokumen Excel yang terlampir pada email. Pengguna komputer ditipu untuk melakukan tindakan yang dapat menyebarkan trojan, misalnya membuka lampiran itu karena mengira itu adalah file Excel biasa padahal sebenarnya berisi program trojan. Setelah berhasil menginfeksi komputer, trojan dapat bertindak merusak seperti virus lain atau mengirim informasi penting, termasuk User ID dan password, ke pihak lain tanpa sepengetahuan pemakai komputer yang terinfeksi.

    • Spyware

      Spyware adalah sejenis komputer program yang dibuat untuk 'mencuri' informasi-informasi penting/Pribadi dari komputer yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuatnya. Informasi yang menjadi target utama contohnya: nomor kartu kredit, User ID dan PIN/password, nomor rekening, alamat email, dan lain-lain. Spyware dapat ter-install melalui email attachment, program yang di-install dari sumber-sumber yang tidak jelas, ataupun oleh website yang 'jahat'. Namun, berbeda dengan virus yang sifatnya lebih merusak, spyware bekerja secara diam-diam agar tidak terlacak sehingga lebih mudah mengumpulkan informasi yang diinginkan sang pembuat/penyebar spyware.

    • Bot (roBot)

      Bot adalah sejenis komputer program yang dapat menyebabkan komputer dikontrol oleh orang lain secara remote melalui jaringan. Sang pembuat/penyebar Bot akan dapat melakukan apa saja dengan komputer Anda. Umumnya komputer yang telah terkontrol digunakan untuk mengirim Spam, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer-komputer lain.

KIAT-KIAT PENGAMANAN: